5 Prospek Kerja yang Meyakinkan di Teknik Planologi

TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA (PLANOLOGI)

Teknik Planologi

Teknik Planologi

Apa itu Teknik Planologi?

Teknik Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau biasa dikenal dengan Planologi adalah sebuah program studi yang mempelajari dasar-dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain. Selain ilmu-ilmu mengenai keteknikan, juga dipelajari ilmu sosial ekonomi perkotaan. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik dalam pembangunan.

Lulusan sarjana Teknik Planologi yang biasa disebut sebagai planner, nantinya akan memiliki kompetensi untuk melakukan perencanaan sebuah kota, menentukan tata guna lahan, sistem transportasi, serta mengatur aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. Sebagai contoh, di sebuah kota terdapat berbagai macam komponen fisik seperti wilayah perkantoran, pemukiman, industri, sistem transportasi, dll. Serta disisi lain juga terdapat komponen non-fisik seperti kemacetan, kepadatan penduduk, dll. Seorang planner harus menguasai semua aspek tersebut untuk dapat melakukan perencanaan yang baik sesuai dengan karakteristik wilayah yang ada.

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan ini?

Saat ini pembangunan wilayah atau daerah kurang begitu memperhatikan tata kota yang baik. Namun, semakin baik perekonomian sebuah negara, penataan kota mau tidak mau harus mendapatkan perhatian karena berhubungan erat dengan infrastruktur. Program studi Perencanaan Wilayah dan Kota bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang punya idealisme untuk membangun kota dengan penataan yang baik. Jika kamu ingin menekuni bidang ini, kamu harus memiliki bakat dan minat dalam Bidang Matematika, Geologi, serta Sejarah Konstruksi, karena ini akan menjadi konten utama dari program studi Planologi.

 

Kampus yang ada Jurusan Teknik Planologi

 

Apa yang dipelajari di Jurusan ini?

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota mempelajari apa saja tentang penataan kota dan wilayah dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Untuk mata kuliah yang akan dipelajari, berikut beberapa contohnya.

  • Pengantar ekonomi perencanaan
  • Ekonomika wilayah dan kota
  • Pembiayaan pembangunan
  • Pengembangan komunitas
  • Pengantar perencanaan wilayah dan kota
  • Prasarana wilayah dan kota
  • Proses perencanaan
  • Komputasi perencanaan
  • Teknik analisa perencanaan
  • Morfologi kota
  • Pola lokasi dan struktur ruang
  • Manajemen dan administrasi pembangunan
  • Perancangan kota

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Planologi?

Sebagai salah satu jurusan yang cukup tua dan menjanjikan di Indonesia, prospek kerja dari Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota terbuka cukup lebar. Berikut beberapa prospek kerja yang akan didapatkan jurusan Planologi.

  1. Instansi Pemerintahan

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota cukup banyak dibutuhkan di departemen pemerintah yang memiliki misi di bidang lingkungan, penataan kota, infrastruktur, dan pembangunan di daerah tertinggal. Tidak mengherankan kalau jurusan ini diserap dengan cepat oleh beberapa lembaga atau departemen seperti.

  • Departemen Pekerjaan Umum.
  • Dinas Tata Ruang Kota.
  • Kementerian Perumahan.
  • Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal.
  • Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi.

Saat ini banyak sekali punggawa dari departemen atau lembaga di atas diisi oleh lulusan Planologi. Jadi, tidak mengherankan kalau jurusan ini termasuk salah satu yang paling penting.

2. Instansi Swasta

Peluang kerja di bidang swasta juga cukup banyak dan terbuka lebar. Saat ini banyak sekali industri khususnya yang bergerak dalam bidang pembangunan dan properti membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi untuk mengisi posisi penting.

Kemampuannya dalam melakukan analisis yang mendalam cukup baik dalam menyelesaikan masalah. Biasanya proyek pembangunan atau infrastruktur melibatkan banyak orang dan berdampak pada masyarakat baik secara sosial atau ekonomi.

Hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang properti baik itu pemasaran, pembangunan, hingga perencanaan membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Selama lulusan memiliki kemampuan yang mumpuni, pihak swasta dalam dan luar negeri bisa merekrutnya.

3. Lembaga Profit dan Non Profit

Lembaga profit dan non profit dunia juga membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Kemampuan analisis masalah dan juga perencanaan wilayah yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga yang berlokasi di dalam dan luar negeri.

Misal lembaga luar negeri seperti World Bank. Mereka membutuhkan analis apakah suatu negara memiliki perencanaan wilayah yang telat atau tidak. Kalau diberi pinjaman, apakah pembangunan bisa memberikan dampak secara luas atau tidak. Hal-hal seperti ini juga dilakukan oleh lulusan Planologi sehingga mereka berperan sebagai salah satu ujung tombak lembaga keuangan dan donor.

Beberapa lembaga non profit juga membutuhkan jasa lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Misal suatu lembaga ingin memberikan bantuan. Mereka harus tahu bagaimana perencanaan kota dari daerah yang akan dibantu sehingga semua dana yang tersalur bisa tepat sasaran.

Lembaga yang bisa dimasuki lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota terdiri dari World Bank, ILO, UNHCR, UNCHS, UNDP, dan beberapa sekretariat organisasi lainnya.

4. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan juga merupakan tempat yang tepat untuk lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Apalagi saat ini ada banyak sekali kampus yang membuka jurusan ini sehingga peluang kerja akan terbuka dengan lebar.

Oh ya, peluang kerja ini tidak hanya untuk lembaga negeri saja. Lembaga swasta yang cukup bonafit juga banyak bermunculan di Indonesia.

5. Luar Bidang Keilmuan

Secara umum bidang ilmu Planologi tidak hanya mempelajari cara membuat desain wilayah saja. Ada banyak materi kuliah dasar yang bermanfaat untuk diterapkan di banyak lembaga atau perusahaan.

Beberapa lembaga, perusahaan, atau departemen pemerintah juga menerima lulusan Planologi untuk posisi netral. Bahkan lembaga keuangan pun juga bisa menerimanya karena lulusan dari jurusan ini memiliki keahlian dalam hal ketelitian dan ini sangat dibutuhkan dalam banyak hal.